PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR PADA SISWA KELAS 4 SDN BRINGIN 01
Main Authors: | Wedhi Prayuda, Shofi, Wasitohadi, Wasitohadi, Sri Rahayu, Theresia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JUSTEK | Jurnal Sains & Teknologi
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/399 http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/399/350 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal atau pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketercapaian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus yaitu 43 % siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 48,6, kemudian pada siklus I meningkat mencapai 70% siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 65, kemudian pada siklus II meningkat mencapai 96% siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 77,61. Kesimpulan penelitian ini mununjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA. Abstract: This type of research is a classroom action research (PTK) conducted in two cycles. The purpose of this study is to improve student learning outcomes on Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) subject by applying the model of Problem Based Learning (PBL). Based on the results of research and discussion can be concluded that applying application of learning model Problem Based Learning (PBL) can improve student learning outcomes. Student learning outcomes have improved from initial or pre cycle to cycle I and cycle II. This can be proved by the completeness of the learning achievement in the pre cycles of 43% of students get the complete value with the average class 48.6, then in the first cycle increased to 70% of students get the complete value with the average class 65, then in the second cycle increased to 96% of students get the complete value with the average class of 77,61. The conclusion of this research shows that the use of Problem Based Learning (PBL) model can improve student learning outcomes on IPA content.