EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN TGT DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Main Authors: Hermawan, Roy, Sri Rahayu, Theresia, Wasitohadi, Wasitohadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: PENDEKAR | FKIP UMMat , 2018
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/362
http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/362/315
Daftar Isi:
  • Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan efektivitas antara model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TGT ditinjau dari keaktifan belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Hasil Uji-T menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran STAD. Hal ini dapat dibuktikan dari data yang diperoleh Uji-T menunjukkan t hitung > t tabel yaitu 2,216 > 2,021, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian keaktifan belajar matematika dalam penerapan model pembelajaran TGT lebih efektiv daripada model pembelajaran STAD. Abstract:T The purpose of this study to determine the difference in effectiveness between STAD learning model with TGT learning model in terms of the activity of learning mathematic grade 4 elementary school. This type of research is a quasi experiment (quasi experiment). The T-Test results show that TGT learning model is more effective than STAD learning model. This can be proven from the data obtained T-test shows t arithmetic> t table is 2.216> 2.021, then Ho is rejected and Ha accepted. Thus the active learning of mathematic in the application of TGT learning model is more effective than STAD learning model.