Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTs Al-Raisiyah Sekarbela
Main Author: | Purwitarini, Dian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unversitas Muhammadiyah Mataram
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3603 http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek/article/view/3603/pdf |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to find out the influence of Problem Posing learning model on math learning achievement in class VII MTS Al-Raisiyah comparison material. The type of research used was "quasi-expriment" involving 45 students consisting of two classes taken from three classes with purposive sampling techniques. The instruments used are study results test and observation sheet. Data analysis using t-test with 5% signification level. The results showed that in the expriment class test obtained the highest score of 92 and the lowest 45 averaged 76.7 while in the control class obtained the highest score of 90 and the lowest 36 averaged 70.5. The calculation result obtained t = -1,261 > 1,714 = t-tabel resulted in Ha being accepted means there is an influence of problem posing learning models on learning outcomes.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing terhadap prestasi belajar matematika pada materi perbandingan kelas VII MTS Al- Raisiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah “quasi eksprimen” yang melibatkan 45 siswa yang terdiri dari dua kelas yang diambil dari tiga kelas dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji t-tes dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes kelas eksprimen diperoleh nilai tertinggi sebesar 92 dan terendah 45 rata-rata 76,7 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 90 dan terendah 36 rata-rata 70,5. Hasil perhitungan diperoleh t = -1,261 > 1,714 = berakibat diterima artinya ada pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar.