REORIENTASI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN DI ERA MILENIAL (Studi Peran UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram dalam Meningkatkan Literasi Informasi Bagi Generasi Milenial)

Main Authors: Rohana, Rohana, Ridwan, Ridwan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Unversitas Muhammadiyah Mataram , 2020
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/3458
http://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/3458/2216
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada masalah yang dihadapi generasi milenial yang dihadapkan pada ledakan informasi yang melimpah ruah di internet. perpustakaan sebagai lembaga pegiat literasi memiliki andil yang cukup besar dalam menjawab tantangan bagi setiap generasi agar informasi yang diperoleh bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orientasi pengembangan perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram di era milenial dan peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi bagi generasi milenial. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer yaitu pustakawan dan pemustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama Orientasi pengembangan perpustakaan saat ini menitikberatkan pada peningkatan literasi informasi pemustaka yang dilandasi tri dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dengan tetap memegang teguh nilai-nilai keislaman. Peningkatan literasi ini direalisasikan dengan cara pelatihan, kerjasama, dan penyediaan sumber-sumber informasi. Kedua, Peran perpustakaan UMMAT antara lain; pertama memberikan research skill sebagai modal pemustaka menghadapi ledakan informasi yang disediakan internet. Kedua, berperan sebagai pendidik yang diwujudkan dalam user education (pendidikan pemustaka). Ketiga, menyediakan link-link jurnal online. Keempat, memberikan bimbingan melalui media sosial.