PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH

Main Authors: Lubis, Baihaqi Siddik, Syahputra Siregar, Eko Febri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3143
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/3143/2034
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/downloadSuppFile/3143/839
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru dalam mengajar di dalam kelas dengan menggunakan media interaktif berbasis macromedia flash bagi guru SD Muhammadiyah Kota Medan. Pelatihan dan pendampingan tersebut dalam bentuk training and workshop. Pengabdian diikuti oleh 12 orang guru dari 2 sekolah, SD Muhammadiyah 29 Sei Mencirim dan SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahapan pertama sosialisasi dengan mengadakan observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, tahap kedua pelatihan dan pendampingan dan tahap ketiga evaluasi. Hasil pelatihan dan pendampingan ini menunjukkan bahwa 10 guru (83,33%) guru mampu membuat media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dan 2 guru (16,7%) belum mampu membuat media pembelajaran berbasis macromedia flash. Hal ini terjadi karena guru baru pertama kali menggunakan software macromedia flash untuk membuat media pembelajaran. Kata Kunci: media interaktif; macromedia flash; kompetensi guru. ABSTRACTThis community services activity aims to develop teacher competences in teaching in the class by using Interactive Media based on macromedia flash for teachers’ of SD Muhammadiyah Medan City. Training and mentoring take the form training and workshop. The service is followed by 12 teachers’ from two schools, SD Muhammadiyah 29 Sei Mencirim and SD Muhammadiyah 38 Medan Krio. This service activity consists of three stages, namely the first stage of socialization by conducting observations and interviews with the head master, the second stage of training and mentoring and the third stage of evaluation. The results of training and mentoring show that 10 teachers’ (83,33%) have been able to create learning active media based on macromedia flash dan 2 teachers’ (16,7%) have not been able to create learning interactive media based on macromedia flash. This thing occours as teachers’ have just used Macromedia flash software for the first time to create learning media. Keywords: interactive media; macro media flash; teacher competences.