UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE

Main Authors: Halisa, Siti Arfa, Mahsup, Mahsup, Mandailina, Vera, Abdillah, Abdillah, Syaharuddin, Syaharuddin, Pramita, Dewi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Mataram , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/2875
http://journal.ummat.ac.id/index.php/pendekar/article/view/2875/1876
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Lightening the Learning Climate. Strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate adalah sistem pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengungkapkan ide dan pendapatnya pada saat proses pembelajaran dengan bimbingan dan pengawasan oleh guru. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan objek penelitian adalah siswa kelas VII SMP yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh informasi pada siklus I terdapat 68% siswa dinyatakan tuntas, sedangkan pada siklus II terdapat 80% siswa dinyatakan tuntas secara individu. Hal ini membuktikan pelaksanaan PTK sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Lightening the Learning Climate dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP.Abstract: The purpose of this research is to learn students learning outcomes through the application of Lightening The Learning Climate Strategy. The Learning Climate Lightening Learning Strategy is a learning system that gives learners the freedom to express their ideas and opinions during the learning process with guidance and supervision by the teacher. This type of research is Class Action Research (CAR) with objects is a class VII junior high school that amounted to 25 people. Based on the results of data analysis obtained information in the first cycle there are 68% students completed, while in the second cycle there are 80% students completed individually. This proves that the implementation of CAR has fulfilled the criteria of submission. It can be concluded that the application of Lightening The Learning Climate strategy can improve the learning outcomes of grade VII junior secondary students.