ENHANCING INNOVATION BY STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) ON ONLINE LEARNING IN DISRUPTIVE ERA

Main Author: Beatrix, Maria
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2489
http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2489/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Corona telah membuat banyak gangguan yang tak terduga di masyarakat. Ada banyak lockdown yang terjadi di berbagai tempat di dunia yang mengubah kegiatan sehari-hari, seperti pendidikan. Seperti halnya kegiatan lainnya, pendidikan harus beradaptasi dengan menggunakan pembelajaran online. Masalahnya adalah tidak setiap siswa siap untuk berubah dan beradaptasi untuk melakukan student-centered learning (SCL) dengan menggunakan teknologi untuk pembelajaran online yang sangat berbeda dari pembelajaran yang biasa mereka lakukan di sekolah. Student-centered learning (SCL) adalah cara belajar yang menjadikan siswa sebagai pusat perhatian dan memberikan kesempatan untuk menyesuaikan dengan kemampuan atau perilaku mereka dalam belajar. Inovasi diperlukan dan akan meningkat untuk melakukan student-centered learning (SCL) selama perubahan yang tiba-tiba dan tidak dipersiapkan ini. Oleh karena itu masalahnya adalah bagaimana inovasi berperan selama pandemi dalam pendidikan. Metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui literatur, seperti buku, internet, dan sumber-sumber lain akan digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah student-centered learning (SCL) dalam pembelajaran online adalah sebuah inovasi yang juga meningkatkan inovasi siswa. Hal ini berarti dengan menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, siswa akan lebih inovatif, di mana mereka dapat membuat atau meningkatkan gagasan.Abstract: Corona has made a lot of unexpected disruptive in society. There has been a lot of lockdowns happening around the world that change daily activities, such as education. Like working, education has to adapt by using online learning. The problem is not every student is ready to change and adapt to do student-centered learning by using technology for online learning which was very different from their usual learning at school. Student-centered learning is ways of learning that make students as the center of attention and giving the opportunity to adjust to their abilities or behavior in learning. Innovation was needed and will increase to perform student-centered learning during this sudden unprepared change. Therefore the issue will be how innovation plays a role during this pandemic in education. Qualitative methods with data collection techniques through literature, such as books, research, the internet, and other sources will be used to solve the issue. The result of this study is student-centered learning in online learning is an innovation that also improves student’s innovation. That means by implementing student-centered learning, students will be more innovative, where they can create or upgrade the ideas.