MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V
Main Authors: | Yusman, Lalu, Defita, Lindra |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Mataram
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/2427 http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/2427/pdf |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini siswa kesulitan menulis puisi dengan menyusun kata-kata menjadi sebuah barisan puisi yang indah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Midang Kabupaten Lombok Barat. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 6 Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 dengan ketuntasan klasikal 74% pada siklus I menjadi 75,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus II.