PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TEMA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN
Main Authors: | Sari, Nursina, Suarni, Nani |
---|---|
Format: | Article info Document eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Mataram
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/2425 http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary/article/view/2425/xml |
Daftar Isi:
- Konsep materi pembagian dan perkalian pecahan dalam pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh peserta didik kelas IV di SDN 3 Batu Kumbung. Hal ini terukur dari rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik yaitu rata-rata di bawah KKM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui variasi model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 3 Batu Kumbung dengan tema pembagian dan perkalian pecahan melalui dua tahap siklus. Adapun data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik di tinjau dari hasil rerata N-Gain skor pada setiap siklus yaitu I dan II sebesar 0,299 dan 0,566. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori rendah menjadi kategori sedang Adapun keterlaksanaan model cooperative learning tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari tahapan-tahapan pembelajaran dari siklus I dan siklus II yang terlaksana dengan baik menjadi sangat baik yaitu sebesar 87,0 % dan 97,22%