PENYULUHAN PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN PELAJAR SMP NEGERI 6 DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Main Authors: Rasyid, Rusman, Agustang, Andi, Maru, Rosmini, Agustang, Andi Tenri Pada, Sudjud, Suratman
Other Authors: Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Makassar, SMPN 6 Duampanua
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Mataram , 2020
Subjects:
Online Access: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1867
http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/1867/pdf
Daftar Isi:
  • Abstrak: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan kepada pelajar di SMP 6 Duampanua Kabupaten Pinrang tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba. Bentuk aktivitas dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan strategi penyuluhan, dimana seluruh aktivitas tersebut dirancang bersama-sama dan dilakukan dalam situasi formal terhadap 25 orang siswa yang merupakan perwakilan masing-masing kelas dan tingkatan. Hasil dari pelaksanaan PKM ini dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai bahaya narkoba serta bagaimana upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba tersebut. Hal ini dibuktikan melaui hasil perbandingan antara pre-test dan post-test, dimana terjadi peningkatan jumlah peserta penyuluhan yang mampu menyebutkan jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, dan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dari 30 % menjadi 95 % dengan rata-rata nilai mencapai 87 dari skor maksimal 100.Abstract: This community service aims to provide counseling to students at SMP 6 Duampanua Pinrang District on the prevention of drug abuse. This form of activity in community service use counseling strategy, where all the activities are designed together and done in a formal situation of 25 students who are representatives of each class and level. The results of this activity can improve participants ' knowledge of drug hazards as well as the prevention of drug abuse efforts. This is evidenced through the comparison between pre-test and post-test, where there is an increase in the number of counseling participants who can mention the types of drugs, drug hazards, and drug abuse prevention efforts from 30% to 95% with an average value of 87 from a maximum score of 100.