PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ATEMATIKA SISWA KELAS V MIN 2 LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018
| Main Author: | Mappanyompa, Mappanyompa |
|---|---|
| Format: | Article info application/pdf eJournal |
| Bahasa: | eng |
| Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Mataram
, 2019
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy/article/view/1242 http://journal.ummat.ac.id/index.php/ibtidaiy/article/view/1242/1032 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Dalam penelitian ini masalah yang ingin dijawab adalah bagaimana penggunaan media bangun ruang tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan tindakan kelas. Dengan model sikus yang berulang dan berkelanjutan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan II siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Sabjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Lombok Barat yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi bangun ruang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengguanaan media bangun ruang tiga dimensi pada mata pelajaran Matematika mampu peningkatan hasil belajar siswa. Hal inidapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa materi bangun ruang sebelum dan sesudah diberi tindakan. Dilihat dari rata-rata nilainya dari prasiklus sebesar 59,3, Siklus I sebesar 69,3 dan siklus II sebesat 77,5 dengan presentase ketuntasan pada prasiklus menccapai 41,6 %, silus I mencapai 66,6 %, dan Siklus II mencapai 91,6 %. Abstract: In this research issue that wants to be answered is how the use of media to build three-dimensional space can improve student learning outcomes V MIN 2 class West Lombok year lesson 2017/2018. This type of research uses class actions. With repeated and continuous sicus models. This class action research is done with the II cycle. Each cycle is a series of activities consisting of 1) planning, 2) Implementation of action, 3) observation, and 4) reflection. Sabjek in this study is a student at V MIN 2 West Lombok, a total of 24 people. The object in this study is the outcome of learning spatial building material. The instruments used are test questions, observation sheets and documentation. The obtained Data is analyzed in a quantitative descriptive. The results of this study showed that the media successfully to build three-dimensional space on the subject of mathematics is able to increase student learning outcomes. This can be seen from the increasing grades of material students waking up space before and after being given action. Judging from the average of the value of the Prasiklus 59.3, cycle I of 69.3 and cycle II at the 77.5 with a percentage of the submission of the prasiklus reached 41.6%, Silus I reached 66.6%, and cycle II reaches 91.6%.
