FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI KOTA SALATIGA

Main Authors: Kurniasih, Putri, Prihtanti, Tinjung Mary
Format: Article info application/pdf
Bahasa: ind
Terbitan: Pusat Penerbitan Ilmiah Universitas Islam Kalimantan , 2019
Subjects:
Online Access: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ziraah/article/view/2106
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ziraah/article/view/2106/1798
https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ziraah/article/downloadSuppFile/2106/82
Daftar Isi:
  • Sayuran organik merupakan tumbuhan berupa daun – daunan, polongan atau bijian yang diproduksi secara organik dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi resmi. Penelitian dilakukan di Kota Salatiga pada Bulan April – Mei 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non Probability Sampling dengan teknik accidental. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 65 sampel yang terdiri dari 35 sampel rumah tangga konsumen yang memutuskan untuk membeli sayuran organik dan 30 sampel rumah tangga yang memutuskan membeli sayuran non organik. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan Analisis Regresi Logistik. . Hasil dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa Variabel umur (X1) dan variabel pendapatan (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel lama pendidikan (X3), harga sayuran (X4), lokasi pembelian (X5), kualitas sayuran (X6) dan efek bandwagon (X7) berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian dalam pembelian sayuran organik.