ANALISIS PEMASARAN CABAI MERAH KERITING DI DESA SIDERA KECAMATAN SIGI BIROMARU KABUPATEN SIGI

Main Author: Angraini, Amalia
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AGROTEKBIS , 2014
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/3677
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/3677/2675
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani pada masing-masing saluran dan efisiensi pemasaran Cabai Merah Keriting. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.Mengambil sebanyak 33 responden dari 50 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana. Untuk menetukan responden pedagang digunakan metode penjajakan responden dengan pedagang pengumpul sebanyak 2 orang dan pedagang pengecer sebenyak 2 orang. Jumlah keseluruhan responden sebanyak 37 responden.Hasil analisis menunjukan total margin pemasaran cabai merah keriting yang diperoleh untuk saluran pertama Rp 6.000,00 total margin pemasaran cabai merah keriting yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp 2.000,00. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 89,47%. Bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 90%. Dengan demikian, bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran kedua. Adapun saluran pemasaran Cabai Merah Keriting di Desa Sidera ada dua saluran : Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen.Petani Pedagang Pengecer Konsumen. Pemasaran pada saluran II lebih efisien daripada saluran I, karena bagian harga yang diterima petani di saluran II lebih besar daripada saluran I.