STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ABON IKAN MELALUI PENDEKATAN MARKETING MIX PADA INDUSTRI “RAJA BAWANG” DI KOTA PALU

Main Authors: Khatimah, Husnul, Mappatoba, Marhawati, Rauf, Rustam Abd.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: AGROTEKBIS , 2013
Online Access: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/1999
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Agrotekbis/article/view/1999/1275
Daftar Isi:
  • Industri Raja Bawang merupakan salah satu industri yang memproduksi abon ikan, dimana abon ikan ini banyak diminati oleh konsumen karena memiliki cita rasa yang khas, namun volume produksi abon ikan masih dalam jumlah sedikit, sehingga tidak dapat memenuhi semua permintaan konsumen, promosi yang dilakukan belum efektif, harga yang ditawarkan kepada konsumen relatif mahal, dan pelayanan yang diberikan kurang memuaskan, sehingga melihat masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang akan dikembangkan dalam rangka pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive), dengan jumlah responden sebanyak 5 orang terdiri dari 1 pimpinan perusahaan, 3 konsumen yang berbelanja abon ikan, dan 1 dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan strategi pengembangan usaha abon ikan melalui pendekatan marketing mix adalah menggunakan strategi SO (Strength – Opportunity), yaitu mempertahankan kualitas produk, memanfaatkan hubungan kerjasama dan dukungan pemerintah, memperluas daerah distribusi dengan membuka jaringan distribusi diluar daerah, memanfaatkan reputasi merk pada pasar, dan menciptakan pengembangan produk.