Pengaruh Model Discovery Learning dalam Kemampuan Berpikir Kritis dan Cognitif Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi

Main Authors: Susanti, Wilda, Sukrianto, Darmanta, Ramadhani, Dochi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2020
Online Access: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/742
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/742/158
Daftar Isi:
  • This study aims to look at the effect of discovery learning models on students' critical and cognitive thinking abilities on the ability to solve programming problems. This study used a quasi-experimental method conducted on students of the Information Systems study program. The subjects used were morning class students as the experimental class and the evening class as the control class 2018/2019 with 60 students. Data collection techniques is essay test questions critical thinking skills. Data analysis is using t test. The results of the analysis show that tcounted > t table and the significant value is smaller than 0.05. Based on these results, it can be concluded that there is a significant influence on the Discovery Learning model on the critical thinking skills of Information Systems students added about the limitations, practical implications, social implications and the value of their originality
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan cogniftif mahasiswa pada kemampuan memechakan masalah pemrograman. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment  yang dilakukan pada mahasiswa program studi Sistem Informasi.. Subjek yang digunakan yaitu mahasiswa kelas pagi sebagai kelas eksperiment dan kelas malam sebagai kelas kontrol angkatan 2018/2019 sebanyak 60 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes esai kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji t. Hasil dari analis di  bahwa tcounted > t table dan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadapa kemampuan berpikir kritis mahasiswa Sistem Informasi