Perancangan Media Interaktif Gerak Tari Topeng Patih pada Wayang Topeng Malangan Menggunakan Sensor Kinect
Main Authors: | Fajri, Bayu Ramadhani, Samala, Agariadne Dwinggo, Ranuharja, Fadhli |
---|---|
Format: | Article info Book application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2020
|
Online Access: |
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/715 http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/715/149 |
Daftar Isi:
- Tari Topeng Patih is a part of the traditional dance performance art “Wayang Topeng Malangan” with a religious background which grew up around people in Malang City, East Java. Presently, art gallery of Tari Topeng Malangan has been difficult to be found. In addition to the difficulty of finding this art gallery even in the regions of origin, the problems is also about the interest and enthusiastic public, especially teenagers in Malang to learn this dance is still very rare. As a result, this art is slowly deteriorated and increasingly falling by the presence of various modern performances. In regarded to learn Tari Topeng Patih, the conventional learning activities requiring a special place such as a dance studio that is generally located far away from downtown Malang. Thus to overcome this problem is requires an instructional media that can be used as an alternative solution to learn and obtain information about Tari Topeng Patih, one way may be able to use the simulation method by utilizing the technology and education. The results of the design is the interactive media learning and simulation for basic motion of Tari Topeng Patih by using Kinect media.
- Gerak Tari Topeng Patih merupakan bagian dari seni pertunjukan drama wayang Topeng Malangan yang berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Saat ini keberadaan sanggar kesenian wayang Topeng Malangan sudah mulai sulit ditemukan. Selain sulitnya menemukan sanggar tari wayang Topeng Malangan termasuk di daerah asalnya, juga minat masyarakat khususnya remaja di daerah Malang untuk mempelajari tarian ini semakin berkurang. Hal ini mengakibatkan semakin terpuruknya seni pertunjukan drama tari tradisional ini dan kalah dengan ragam seni pertunjukan tari modern. Dalam mempelajari gerak tari Topeng Patih, kegiatan pembelajaran tari secara konvensional membutuhkan tempat belajar khusus, yaitu sanggar tari yang umumnya jauh dari pusat kota Malang. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu sebuah media interaktif yang dapat digunakan sebagai solusi alternatif untuk mengenal dan mempelajari gerak tari Topeng Patih. Perancangan media interaktif gerak tari Topeng Patih ini menggunakan metode R&D. Hasil akhir dari perancangan media berupa aplikasi dance simulator dengan memanfaatkan teknologi Kinect.