Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Sekolah Menengah Kejuruan

Main Authors: Sumiati, Mery, Rizal, Fahmi, Anwar, Muhammad
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2020
Online Access: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/704
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/704/130
Daftar Isi:
  • In the learning process Basic Electricity and Electronics material, students are constrained in understanding the subject matter, because it uses formulas that are difficult to understand without adequate supporting learning media. Besides the learning time Basic Electricity and Electronics material which is only available 4 hours per week, so that not all materials can be delivered optimally to students. Therefore learning needs to be supported by suitable and adequate media. The purpose of this research is to produce a learning media based on mobile learning that is valid, practical and effective for Basic Electricity and Electronics subjects. The method used in this research is Research and Development (R&D). The development model used follows the Borg & Gall model which is arranged in several research steps. The instrument used in the form of a validation questionnaire was given to material experts and media experts. Questionnaire to measure practicality is given to students and teachers of the subject matter. To measure the effectiveness of the Quasi experiment research design used by comparing student learning outcomes of the experimental class and the control class. The results showed that the learning media based on mobile learning was declared valid, practical and effective for use in the Basic Electricity and Electronics subjects.
  •   Pada proses pembelajaran materi Dasar Listrik dan Elektronika, siswa terkendala dalam memahami materi pelajaran, karena menggunakan rumus yang sulit dipahami tanpa adanya media pendukung pembelajaran yang memadai. Disamping waktu pembelajaran materi Dasar Listrik dan Elektronika yang hanya tersedia 4 jam pelajaran tiap minggunya, sehingga tidak semua materi dapat disampaikan secara optimal kepada siswa. Oleh karena itu pembelajaran perlu didukung oleh media yang cocok dan memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning yang valid, praktis dan efektif untuk mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model  pengembangan  yang  digunakan mengikut model Borg & Gall yang tersusun dalam beberapa langkah penelitian. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Angket untuk mengukur praktikalitas diberikan kepada siswa dan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Uuntuk mengukur efektivitas digunakan desain penelitian Quasi ekperiment dengan cara membandingkant hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  media  pembelajaran  berbasis  mobile learning dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika.