KONTRIBUSI KOMPETENSI DAN PERSEPSI TENTANG SUPERVISI PEMBELAJARAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU

Main Authors: Hamdani, Hamdani, Krismadinata, Krismadinata
Format: Article info Book application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2017
Online Access: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/37
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/37/29
Daftar Isi:
  • Berhasil tidaknya sekolah mempersiapkan generasi yang akan datang tergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Agar fungsi ini tercapai, diperlukan pembelajaran yang mendukung serta guru yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat  ex post facto.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa kedua variabel bebas yaitu kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja guru.
  • Berhasil tidaknya sekolah mempersiapkan generasi yang akan datang tergantung pada proses pembelajaran yang terjadi di sekolah. Agar fungsi ini tercapai, diperlukan pembelajaran yang mendukung serta guru yang produktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bersifat  ex post facto.  Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang signifikan antara kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa kedua variabel bebas yaitu kompetensi dan persepsi tentang supervisi pembelajaran memegang peranan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja guru