PENERAPAN TRAINER PLC OMRON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA DIKLAT INSTALASI MOTOR LISTRIK

Main Authors: Hastuti, Hastuti, Effendi, Hansi, Hijriani, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2017
Online Access: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/25
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/25/8
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran Trainer PLC OMRON dan software CX-Programmer pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (PLC) kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Desain penelitian ini adalah quasi-experiment (eksperimen semu) dengan desain one group pretest-posttest time series. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Gainscore. Dalam penelitian ini dilakukan dua kali pretest dan dua kali posttest, dengan nilai rata-rata: pretest 1 =38,75, pretest 2 = 45,5, posttest 1 = 64,5 dan posttest 2 = 85,8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata Gainscore 1 = 0,407 berkategori  sedang  dan  Gainscore 2 = 0,7625 berkategori tinggi.
  • The purpose of the study was to find the improving of student learning outcomes in applying learning media Trainer PLC OMRON and software CX-Programmer on the Electric Motor Installation  Course (PLC) in Class XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. The design was quasi-experiment with one group pretest-posttest time series design. The subject were the student of class XII TIPTL SMK Negeri 1 Bukittinggi. The data were analyzed by using Gain score. In this study, the pretest and posttest were conducted twice, with the averages score of pretest 1 = 38,75, pretest 2 = 45,5, posttest 1 = 64,5 and posttest 2 = 85,8. These result indicate that the learning outcomes increase with the averages Gain score 1 = 0,407 categorized as medium, and Gain score 2 = 0,7625 categorized as high.