PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA DIKLAT INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA

Main Authors: Eliza, Fivia, Syamsuarnis, Syamsuarnis, Myori, Dwiprima Elvanny, Hamdani, Hamdani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2017
Online Access: http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/13
http://invotek.ppj.unp.ac.id/index.php/invotek/article/view/13/2
Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana (IPLBS), guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menyebabkan menurunnya motivasi dan minat siswa dalam belajar. Ini juga menyebabkan siswa tidak mendapatkan tantangan untuk memahami materi dengan baik, sehingga ketuntasan belajar siswa masih jauh dari tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diterapkan model pembelajaran yang lebih menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi siswa adalah pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan dengan desain quasi eksperimen, dengan menggunakan dua kelas sampel yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 84.43 dan kelas kontrol 80. Hal ini berarti model pembelajaran berbasis proyek dapat membantu guru dalam menyajikan materi pembelajaran di depan kelas.
  • In learning lighting Installations for simple buildings (IPLBS), teachers still use a conventional model of learning. It caused down of student’s interest to the subjects. This also does not provide a challenge to the students to understand the subjects well, so completeness of student’s learning is still far from the purpose of learning. To overcome this situation, must be planned and made an interested model of learning. One of learning model that can enhance student's creativity is a project-based learning. This research was a quasi-experiment, with divided into two groups, an experimental class and a control group. The results can be seen from the student learning outcomes by using project-based learning model. It has an average value of 84.43 for the experimental class and 80 for the control group. The results indicate that project-based learning can replace the role of teachers in presenting the subject matter in front of the class.