PENGUJIAN AWAL KONSTRUKSI FIBERGLASS PADA LAMBUNG KAPAL BOAT SESUAI STANDAR
Main Author: | Shahrin, Febrian |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unsada
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsada.ac.id/72/1/PENGUJIAN%20AWAL%20KONSTRUKSI%20%20%20FIBERGLASS.pdf http://repository.unsada.ac.id/72/ http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2 |
Daftar Isi:
- Indonesia sebagai negara maritim mempunyai ketergantungan terhadap kapal laut sebagai alat transportasi maupun alat angkut yang berfungsi ekonomis. Dalam hal ini Kapal Boat yang digunakan bertahun-tahun terbuat dari kayu, akan tetapi karena sifat kayu yang mudah lapuk oleh faktor cuaca dan kimia serta membutuhkan perawatan yang memadai maka dengan seiring perjalanan waktu maka muncullah bahan fiberglass yang berupa laminasi FRP (Fiber Reinforced Plastics) sebagai pengganti kayu dimana bahan ini mepunyai banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh kayu sehingga kapal berbahan FRP ini mulai mendapat tempat di dunia perkapalan khususnya para produsen kapal. Namun pada survey yang dilakukan pada beberapa galangan kapal tahun 2009 menunjukkan bahwa desain konstruksi dan proses laminasi lambung kapal fiberglass umumnya tidak mempunyai standar yang jelas sehingga akan menimbulkan resiko kecelakaan yang cukup signifikan. Untuk meminimalisir hal tersebut maka produksi kapal yang berbasiskan pada laminasi FRP ini haruslah mengacu kepada standar yang ada seperti ISO, aturan BKI yang melibatkan persyaratan yang ketat seperti tensile test (uji tarik), bending test (uji tekuk) dan lain sebagainya.