PENGARUH PENGALAMAN BERBELANJA DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA SITUS JUAL BELI ONLINE TOKOPEDIA.COM
Daftar Isi:
- Penelitian ini diajukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengalaman berbelanja (X1) dan kepercayaan konsumen (X2) terhadap minat beli (Y) konsumen tokopedia. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara memberikan kuesioner terhadap 100 responden yaitu mahasiswa/I Universitas Darma Persada yang pernah menggunakan Tokopedia dengan menggunakan purposive sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel yang terdapat dalam penelitian ini. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman berbelanja (X1) dan kepercayaan konsumen (X2) terhadap minat beli konsumen situs jual beli online Tokopedia.com. Besarnya pengaruh adalah 0,399 dimana sebesar 33,9 % minat beli konsumen situs jual beli online Tokopedia.com dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh pengalaman berbelanja dan kepercayaan konsumen dan sisanya sebesar 66,1 % dapat dijelaskan atau dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.