Daftar Isi:
  • Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan dan wawancara. Penelitian ini membahas mengenai perayaan Natal di Jepang pada tahun 2000-2016. Natal adalah hari raya agama kristen yang dirayakan setiap tanggal 25 Desember untuk merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Agama kristen bukan merupaka agama mayoritas yang dipeluk oleh masyarakat Jepang, akan tetapi Natal menjadi perayaan rutin tahunan (matsuri kategori nenchugyouji) yang dirayakan seara meluas dan meriah. Perayaan Natal di Jepang berasal dan di pengaruhi oleh negara barat (eropa dan amerika), tetapi perayaan Natal di Jepang mengalami proses akulturasi karena budaya dan kepercayaan Jepang dan Barat yang berbeda. Proses akulturasi menyebabkan perayaan Natal di Jepang menjadi unik. Keunikan Natal di Jepang dewasa ini di antaranya ; tradisi makan kue natal, tradisi makan Kentucky fried chicken (KFC) dan Natal yang dianggap sebagai hari kasih sayang dan hari yang romantis. Natal di Jepang kini lebih dikenal sebagai waktu untuk bersenang-senang dari pada perayaan keagamaan (sekularisasi) serta mengandung unsur komersialisasi.