ANALISIS PENGARUH FAKTOR PROFITABILITAS, REPUTASI KAP, DAN HARGA POKOK PENJUALAN TERHADAP AUDIT DELAY STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Daftar Isi:
- Salah satu karakteristik kualitatif dalam penyampaian laporan keuangan adalah relevan, yang perwujudannya dapat dilihat dari ketepatan waktu pelaporan. Ketepatan waktu ini dilihat dari audit delay, yaitu jangka waktu antara tanggal tutup buku hingga tanggal pelaporan auditor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas, kualitas auditor, dan cost of goods sold terhadap audit delay pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini terfokus pada perusahaan high profile. Data yang digunakan merupakan data sekunder, yakni 175 laporan keuangan dari 35 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014. Yang bertujuan untuk membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Pengujian secara parsial menunjukan hasil bahwa hanya faktor reputasi KAP yang berpengaruh pada audit delay, sedangkan dua faktor lainnya yakni profitabiliitas dan cost of goods sold dinyatakan tidak berpengaruh.