EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FURIGANA TERHADAP PEMAHAMAN KOSAKATA KANJI DALAM MATKULIAH DOKKAI IV STUDI KOMPARATIF BUKU TEKS MINNA NO NIHONGO 2 DENGAN CHUKYU DOKKAI NYUMON
Main Authors: | Dila, Rismayanti, Juariah, Juariah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Unsada
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsada.ac.id/237/1/EFEKTIVITAS%20PENGGUNAAN%20FURIGANA%20%20%20TERHADAP.pdf http://repository.unsada.ac.id/237/ http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2 |
Daftar Isi:
- Kemampuan sebagian siswa dalam menghafal kosakata Kanji yang sering kali tertinggal dari materi yang seharusnya sudah mereka kuasai. Penyebab munculnya fenomena ini, penulis asumsikan karena pada buku teks Minna no Nihongo 1-2 yang digunakan mahasiswa semester 1 sampai 4, semua penggunaan huruf Kanji dalam buku tersebut dilengkapi dengan furigana (cara baca dalam huruf kanji). Seusai UTS semester 4, mahasiswa akan menggunakan buku teks Chukyu Dokkai Nyumon, yang di dalamnya tidak menyertakan furigana. Perbedaan pada kedua jenis buku teks menimbulkan keingintahuan penulis, bagaimana dampaknya penyajian teks masing-masing terhadap penguasaan mahasiswa terhadap cara baca dan pemahaman arti kosakata kanji. Objek penelitian adalah satu kelas pada mata kuliah Dokkai 4, dengan dua kali pengambilan sampel. Masing-masing adalah tes untuk materi teks dari buku Minna no Nihongo 2, dan tes untuk materi buku Chukyu Dokkai Nyumon.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan furigana pada bahan bacaan tidak efektif dalam penguasaan kosa kata kanji.