KORELASI ANTARA ANIME DENGAN MINAT BELAJAR BAHASA JEPANG MAHASISWA ANGKATAN 2013/2014 UNSADA

Main Authors: Zainur, Fitri, Metty, Suwandany, Irawati, Agustine, Tia, Martia, Hani, Wahyuningtias
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Unsada , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unsada.ac.id/151/7/KORELASI%20ANTARA%20ANIME%20DENGAN%20MINAT%20%20%20%20BELAJAR%20BAHASA%20JEPANG.pdf
http://repository.unsada.ac.id/151/
http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2
Daftar Isi:
  • Penelitian ini yang berjudul “Korelasi antara Anime dengan Minat Belajar Bahasa Jepang pada Mahasiswa Angkatan 2013/2014 Unsada” ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara anime dengan minat belajar bahasa Jepang mahasiswa semester III Universitas Darma Persada. Metodologi yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif dengan mengambil populasi dan sampel mahasiswa program studi Jepang angkatan 2013/2014 sejumlah 100 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket kuesioner yang telah disebarkan kepada 100 orang mahasiswa program studi Jepang angkatan 2013/2014. Dari hasil angket yang telah dikumpulkan dan dianalisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara anime dengan minat belajar bahasa Jepang mahasiswa program studi Jepang Unsada tahun ajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari besarnya prosentase mahasiswa yang menganggap bahwa anime berpengaruh dalam meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari bahasa Jepang. Minat dan motivasi mahasiswa yang cukup besar dalam mempelajari bahasa Jepang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terkait dengan manfaat menonton anime serta kelebihan anime dibandingkan dengan animasi negara lain. Meski banyak kendala yang ditemukan mahasiswa dalam menonton anime, namun hal ini tidak menyurutkan minat dan motivasi mereka dalam mempelajari bahasa Jepang. Hal ini dapat dilihat dari berbagai solusi yang mereka lakukan ketika menemukan kesulitan dalam menonton anime.