Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap ketidakpuasan konsumen dan dampaknya pada perpindahan merek smartphone Samsung di Universitas Darma Persada. Penelitian ini imenggunakan data berupa data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah kuesioner sebanyak 100 responden yang merupakan orang yang pernah menggunakan smartphone Samsung dan berpindah ke merek lain serta berada di lokasi saat penelitian sedang berlangsung. Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dan cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan purposive sampling. Kemudian dilakukan uji analisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dan diolah menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan pengaruh kualitas produk terhadap perpindahan merek melalui ketidakpuasan konsumen di Universitas Darma Persada yaitu memiliki hubungan yang negatif signifikan. Hal tersebut dilihat dari nilai t (t-values) yang lebih dari 1.985 (α = 5%) yaitu untuk kualitas produk terhadap ketidakpuasan konsumen sebesar -4.469 dan ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek sebesar 5.277 serta nilai t (t-values) yang kurang dari 1.985 (α = 5%) yaitu kualitas produk terhadap perpindahan merek sebesar 1.047. Untuk pengujian pengaruh intervening menggunakan uji Sobel dan diperoleh nilai t lebih besar dari 1,985 (α = 5%) yaitu sebesar -0.0014. Hasil tersebut menunjukan bahwa ketidakpuasan konsumen sebagai variabel intervening tidak memiliki hubungan yang signifikan.