Analisa Pengaruh Perubahan Pitch Ratio dan Jumlah Blade Terhadap Kavitasi Pada Controllable Pitch Propeller (CPP)

Main Authors: Mohammad Danil, Arifin, Danny, Faturachman, Fanny, Octaviani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Unsada
Subjects:
Online Access: http://repository.unsada.ac.id/1351/1/Paper%20Analisa%20Pengaruh%20Perubahan%20Pitch%20Ratio%20dan%20Jumlah%20Blade%20Pada%20Controllable%20Pitch%20Propeller%20%28New%2010%20Pages%29.pdf
http://repository.unsada.ac.id/1351/
Daftar Isi:
  • Dalam bidang rekayasa kavitasi didefinisikan sebagai proses pembentukan fase uap dari suatu cairan ketika cairan tersebut mengalami penurunan tekanan pada suhu sekeliling (ambient temperature) yang tetap. Kavitasi merupakan fenomena yang merugikan dalam operasinal kapal, karena menyebabkan banyak kerugian. Pengaruh yang merugikan tersebut berupa menurunnya efisiensi propeller, merusak material propeller, kecepatan kapal menjadi lebih rendah dan menyebabkan getaran dan kebisingan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan analisa kavitasi pada Controllable Pitch Propeller (CPP) dengan melakukan variasi jumlah daun yaitu 3 , 4 dan 5 daun, variasi diameter yaitu 30, 40 dan 50 cm, serta variasi pitch yaitu 0.4, 0.6, dan 0.8. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi. Hasil simulasi menunjukkan bahwa perbedaan putaran propeller memiliki pengaruh terhadap besarnya nilai perbedaan tekanan. Semakin meningkat putaran propeller maka nilai dari perbedaan tekanannya akan semakin meningkat pula. Perbedaan design propeller memiliki pengaruh terhadap area kavitasi yang terjadi pada propeller. Prosentase area kavitasi yang terjadi pada propeller memiki kecenderungan naik pada jumlah blade, putaran serta pitch yang semakin meningkat pula. .