Algorithm For Determining The Feasibility Of Braking Systems Operation Of Passengers Car In Matlab Simulink
Main Author: | Siregar, Rolan |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SNTTM BKSTM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unsada.ac.id/1204/1/PMT-01-bkstm-brakefault-model.pdf http://repository.unsada.ac.id/1204/ |
Daftar Isi:
- Kecelakaan bisa terjadi apabila gerak kendaraan tidak terkendali di mana sistem pengereman adalah hal yang tidak terpisahkan dalam kondisi tersebut. Kegagalan rem adalah salah satu alasan yang paling sering disebut sebagai penyebab kecelakaan berkendara. Alat ukur untuk mengindikasikan suatu rem kendaraan apakah masih layak atau tidak untuk beroperasi belum ada diterapkan di Indonesia. Hal ini karena perumusan kelayakan rem belum mencapai hasil yang terukur. Oleh karena itu penelitian ini dianggap sangat bermanfaat untuk dikembangkan dalam rangka pengurangan jumlah kecelakaan di Indonesia. Panas berlebih (over heat) merupakan fenomena yang terjadi akibat adanya kerusakan dalam salah satu unit penyusun sistem pengereman yang dapat mengakibatkan kegagalan rem secara total (rem ngeblong). Selain itu ketidakseimbangan kepakeman setiap rem diperkirakan akan mempengaruhi keseimbangan gerak kendaraan ketika pengereman dilakukan di jalan lurus maupun di jalan berbelok. Ketidakseimbangan gerak ini juga diperkirakan dapat menimbulkan kecelakaan karena kendaraan tidak dapat dikendalikan. Beban pengereman dapat dihitung dengan metode perhitungan gaya normal pada roda dalam kondisi pengereman di jalan lurus maupun berbelok. Pada penelitian ini akan dibahas temperatur antar rem yang merupakan indikator kinerja rem apakah berada dalam batas normal atau tidak. Alur penentuan kelayakan tersebut disajikan dalam bentuk Matlab Simulink. Kedepannya penelitian ini diharapkan dapat mencapai akhir dengan perumasan baru tentang pengembangan alat uji kelayakan operasi sistem pengereman.