PENGAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN METODE KUMON PADA MAHASISWA PROG. STUDI CINA DAN PROG. STUDI INGGRIS DI UNIVERSITAS DARMA PERSADA

Main Authors: Irawati, Agustine, Metty, Suwandany, Tia, Martia, Zainur, Fitri, Syamsul, Bahri
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Unsada , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unsada.ac.id/115/7/PENGAJARAN%20BAHASA%20JEPANG%20DENGAN%20%20%20%20%20METODE%20KUMON%20PADA%20MAHASISWA%20PROG.pdf
http://repository.unsada.ac.id/115/
http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2
Daftar Isi:
  • Pada semester genap tahun akademik 2013/2014, Lembaga Kumon Tokyo Jepang mengadakan uji coba pengajaran bahasa Jepang dengan metode kumon di Universitas Darma Persada. Tujuan pengajaran dengan metode kumon adalah untuk mempersiapkan siswa mengikuti ujian kemampuan bahasa jepang (JLPT) yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation tanggal 6 Juli 2014. Adapun peserta yang mengikuti program ini adalah 5 orang dari program studi Jepang, 4 orang dari program studi Inggris, dan 3 orang dari program studi Cina. Fokus penelitian adalah pada peserta dari program studi Cina dan Inggris. Peserta program belajar mulai dari awal dan dipersiapkan untuk dapat mengikuti ujian tingkat N5. Program ini diadakan 2 kali dalam seminggu, yaitu pada hari selasa dan kamis pukul 15.00 – 18.00. Di luar waktu yang telah ditetapkan, para siswa diwajibkan mengerjakan PR minimal 20 lembar setiap hari sehingga dalam 1 minggu mereka rata-rata menyelesaikan 140 lembar kerja dan dalam waktu tiga bulan diharapkan dapat menyelesaikan level C (setara dengan N5).