PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERMUATAN NILAI BUDAYA PESISIR PADA PEMBELAJARAN TEKS FABEL UNTUK PESERTA DIDIK SMP

Main Authors: Lestari, Anggar Tri, Subyantoro, Subyantoro, Syaifudin, Ahmad
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang , 2019
Online Access: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/29143
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/29143/15730
Daftar Isi:
  • Abstrak Teks fabel merupakan salah satu jenis teks yang banyak mengandung pesan moral bagi pembaca. Hampir setiap cerita fabel memiliki nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengembangan media pop-up book pada pembelajaran teks fabel untuk peserta didik SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk prototipe media pop-up book bermuatan nilai budaya pesisir pada pembelajaran teks fabel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian research and development (R&D). Prototipe media berdasarkan struktur isi meliputi bagian awal media pop-up book, lembar kegiatan peserta didik, bagian berbentuk tiga dimensi yang terdiri atas pengantar, materi teks fabel, teks fabel, serta berdasarkan struktur penyajian meliputi bentuk, kebahasaan, penulisan, tampilan/visual, dan grafika. Hasil penilaian ahli memeroleh skor 71,23 dengan kategori baik. Kata Kunci: fabel, pengembangan media pop-up book, nilai budaya pesisir. Fable text is one type of text that contains many moral messages for readers. Almost every fable story has values ​​that can be applied in everyday life. The problem in this study is the development of pop-up book media in fable text learning for middle school students. The purpose of this study is to produce a pop-up book media prototype product containing coastal cultural values ​​in fable text learning. The design of the study uses Research and Development (R&D). Media prototypes based on content structure include the initial part of the pop-up book media, student activity sheets, three-dimensional sections consisting of introductory material, fable text material, fable text, and based on the presentation structure including form, language, writing, display/visual, and graphics. The results of the expert assessment obtained a score of 71.23 in the good category.