PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI KOLABORASI MODEL QUANTUM TEACHING DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 RAMBAH

Main Author: Tiarbani, Siregar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP ROKANIA , 2018
Online Access: https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/155
https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/155/128
Daftar Isi:
  • Peningkatkan hasil belajar IPS melalui kolaborasi model quantumteaching dan snowball throwing siswa kelas VI SD Negeri 001Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Metode penelitian yang digunakanadalah metode diskriptif kualitatif dengan bentuk PenelitianTindakan Kelas (PTK). Terdapat peningkatan pemahaman dan hasilbelajar siswa pada materi Globalisasi dalam kehidupan bangsaIndonasia Melalui model Quantum Teaching dan SnowballThrowing. Data dalam penelitian ini dikumpulan menggunakan tes, lembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan catatanlapangan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (actionresearch) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapyaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, evaluasi dan refleksi.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dari hasil analis didapatkanbahwa hasil belajar siswa Kelas VII.3 mengalami peningkatan darisiklus I sampai siklus II, Hal ini dapat diketahui dari peningkatannilai dari siklus -1 dengan rata-rata 6,0 dan pada pelaksanaantindakan siklus 2 meningkat menjadi 8,17. Hal ini menunjukkanbahwa Model Pembelajaran Quantum Teaching dan SnowballThrowing dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran IPS .