Main Author: | Yadi, Yadi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/9 http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/9/9 |
Daftar Isi:
- Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar Fisika yang memuat Termodinamika pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung, Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Problems Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping pada pembelajaran Fisika. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI IPA 2 pada waktu pembelajaran Fisika diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Problems Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika yang memuat Termodinamika.