Main Author: Yadi, Yadi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar , 2017
Online Access: http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/9
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/9/9
Daftar Isi:
  • Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar Fisika yang memuat Termodinamika pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung, Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Problems Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping pada pembelajaran Fisika. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas XI IPA 2 pada waktu pembelajaran Fisika diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 35 siswa hanya 14 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan Problems Based Learning berbantuan dengan Metode Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fisika yang memuat Termodinamika.