Main Author: | Hidayah, Amin Tantri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
, 2017
|
Online Access: |
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/7 http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/7/7 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman tata cara pernikahan melalui metode role playing dan demonstrasi pada siswa kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Blitar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif, yaitu bersifat praktis berdasarkan permasalahan riil dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi ajar ijab qabul pada siswa Kelas XII IPA 6 SMA Negeri 1 Blitar. PTK merupakan penelitian yang bersiklus, yang terdiri dari rencana, aksi, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara berulang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran melalui metode role playing dan demonstrasi dapat meningkatkan gairah siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Metode Pembelajaran role playing dan demonstrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi ajar Munakahat, sub materi tata cara pernikahan