Everyone is A Teacher Here: Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD
Main Author: | Suryani, Suryani |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
, 2018
|
Online Access: |
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/57 http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/57/60 |
Daftar Isi:
- Guru merasa enggan untuk melaksanakan model pembelajaran yang inovatif karena dianggap terlalu merepotkan Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini mengambil populasi seluruh siswa kelas IV SDN 4 Bendorejo Pogalan Trenggalek terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 12 siswa dan 13 siswa perempuan, semester I tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian siswa, pada siklus I Siswa tuntas sejumlah 20 siswa (80%), sedangkan pada siklus II sejumlah 22 siswa (88%), terjadi kenaikan sebesar 8% atau sebanyak 2 siswa.