Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 Di Sdn 3 Karangsoko

Main Author: ., Musrini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar , 2020
Online Access: http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/183
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/183/204
Daftar Isi:
  • Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS yang dilakukan di kelas V SDN 3 Karangsoko Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dilihat dari 14 siswa hanya 5 siswa (35,7%) yang tuntas belajar dan 9 siswa (64,3%) yang belum tuntas belajar, disebabkan aktivitas  guru masih menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan media pembelajaran, dan tidak ada kegiatan kelompok, serta siswa masih pasif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar model Problem Based Learning (PBL) pada mata pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh perjuangan pada siswa kelas V SDN 3 Karangsoko Kabupaten Trenggalek melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model Problem Based Learning  (PBL) pada pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh perjuangan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa yang sesuai dengan langkah-langkah model Problem Based Learning (PBL), serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.