Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Perjuangan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020 Di Sdn 3 Karangsoko
Main Author: | ., Musrini |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/183 http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/183/204 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi pada pembelajaran IPS yang dilakukan di kelas V SDN 3 Karangsoko Kabupaten Trenggalek menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dilihat dari 14 siswa hanya 5 siswa (35,7%) yang tuntas belajar dan 9 siswa (64,3%) yang belum tuntas belajar, disebabkan aktivitas guru masih menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan media pembelajaran, dan tidak ada kegiatan kelompok, serta siswa masih pasif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan dan peningkatan hasil belajar model Problem Based Learning (PBL) pada mata pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh perjuangan pada siswa kelas V SDN 3 Karangsoko Kabupaten Trenggalek melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS materi jasa dan peranan tokoh perjuangan dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa yang sesuai dengan langkah-langkah model Problem Based Learning (PBL), serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.