STUDY GOOGD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK DI DESA LOMULI KECAMATAN LEMITO KABUPATEN POHUWATO

Main Author: Erwis Rajak
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Gorontalo,FEIS , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.umgo.ac.id//index.php?p=show_detail&id=85
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan Good Governance dalam pelayanan publik di Desa Lomuli, untuk mengetahui Hambatan pelaksanaan Good Governance dalam pelayanan publik di Desa Lomuli, mengetahui Upaya mengatasi Hambatan pelaksanaan Good Governance dalam pelayanan publik di Desa Lomuli Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Metode penelitian bersifat deskriptif Kualitatif, metode penelitian kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang menghasilakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dan orang orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data sekunder melalui wawacara langsung, yang terdiri dan Informan Utama; Kepala Desa, Sekertartis Desa., Ketua LPM, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat. Informan Kunci (Key-informan) adalah ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lomuli Kecamatan lemito Kanupaten Pohuwato. Adapun Lokasi penelitian dilaksanakan di Kantor Desa Lomuli, Waktu pelaksanaan penelitian mulai bulan Mei sampai dengan Bulan Agustus 2014. Dalarn penelitian ini peneliti bertindak sebagai pelaku utama dalam pengumpulan data, analisis, penafsir data dan pada akbirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Sebagai pelaku utama peneliti berperan sebagai pengamat penuh, dengan megadakan pengamatan secermat mungkin sampai pada yang sekecil-kecilnya hal yang terjadi di lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan, Pelaksanaan prinsip-prinsip good Governance dalam pelayanan publik di Desa Lomuli memenuhi prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik seperti, yaitu partisipasi, berkeadilan, tanggap, konsensus (orientasi kepentingan masyarakat), Transparansi, efektif dan efesien, Tertib hukum, Strategi atau memiliki Visi, dan Akuntabilitas. Hambatan dalam pelaksanaan Good Governance di desa Lomuli, yaitu Persoalan-persoalan yang masih mendominasi dalam layanan publik di desa, pada umumnya berupa kemudahan-kemudahan Iayanan yang berdampak negatif (tidak akuratnya data) karena masih ada hubungan keluarga atau tetangga. Untuk itu perlu disusun standar layanan publik di desa serta upayau paya penghayatan oleh penyelenggara layanan dan penerima layanan
  • 29 x 21 cm