HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DENGAN KUALITAS PELAYANAN DI RUANG RAWAT INAPE DAN FRSUD MM DUNDA LIMBOTO
Main Author: | Fadlia Mangantjo |
---|---|
Format: | Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Gorontalo, FIKES
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.umgo.ac.id//index.php?p=show_detail&id=386 |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan keperawatan memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit, karena jika dilaksanakan sesuai dengan asuhan keperawatan yang telah dibuat, maka kepuasan pada pasien dapat terwujud. Data hasil wawancara dengan pasien rawat inap RSUD MM Dunda Limboto dari 5 orang sampel hanya 2 pasien yang mengatakan puas dengan asuhan keperawatan yang diberikan oleh perawat. Tujuan Penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan di RSUD MM Dunda Limboto. Desain Penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel Penelitian yaitu seluruh pasien yang dirawat di ruang rawat inap irina E dan irina F RSUD MM Dunda Limboto sejumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan analisa uji statistik chi square. Hasil Penelitian menunjukkan kelima variabel yang diteliti memiliki hubungan dengan kepuasan pasien yaitu kehandalan 0,032 ( < 0,05), daya tanggap 0,027 ( < 0,05), jaminan p value = 0,048 ( < 0,05), empati p value = 0,032 ( < 0,05) dan wujud pelayanan p value = ,027 ( < 0,05). Kesimpulan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan wujud pelayanan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien di Di Ruang Rawat Inap RSUD MM Dunda Limboto tahun 2014.
- 29 x 21 cm