PERAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN LEMITO KABUPATEN POHUWATO

Main Author: Jefri Y. Olii
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Gorontalo,FEIS , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.umgo.ac.id//index.php?p=show_detail&id=261
Daftar Isi:
  • Pelayan Publik adalah merupakan fokus penilaian pemerintah saat ini, bahwa semakin baik kinerja pernerintah antara lain ditentukan oleh baiknya pelayanan publik atau pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik antara lain ditentukan oleh peran pimpinan pada setiap satuan kerja pemerintah, salah satunya adalah peran Camat. Penelitian ini melihat bagaimana peran Camat dalarn meningkatkan pelayanan publik di Kecamatan Leniito Kabupaten Pohuwato. Jenis penelitian ini adalah pnelitian deskriptif. Data primer adalah sumber data yang langsung diambil dan wawancara mendalam. Data primer tersebut adalah Camat, Sekertaris, Kepala seksi 2 orang, 4 orang Kepala desa, Satu Ketua BPD, 2 tokoh masyarakat, 1 tokoh pernuda dan I tokob perempuan. Data sekunder adalah sumber yang memberikan data secara tidak langsung. Dan sumber data dalam penelitian ini yaitu Dokumen dan data-data dikantor Kecamatan Lemito. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Camat Lemito dalani meningkatkan pelayanan publik, yang dilihat dan 5 (lima) indikator 1) dalam pelayanan kependudukan (KTP dan KK), 2) pelayanan Izin Usaha masyarakat, 3) responsivitas dan 5) memerikan motivasi dan Preward kepada staf. Kelima indikator tersebut ternyata mampu dilaksanakan oleh Camat. Demikian pula kendala yang dihadapi menyangkut sarana dan prasarana, sumber daya manusia, serta dukungan masyarakat atas pelayanan yang dilakukan oleh camat.
  • 29 x 21 cm