Penerapan Model Probing-Promting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP
Main Authors: | MZ, Zubaidah Amir, Angela, Fitria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mathematics Department
, 2020
|
Online Access: |
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/974 http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/974/542 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran Langsung berdasarkan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaranProbing-Promting dengans iswa yang menggunakan pembelajaran Langsung 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Langsung jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa