Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa
Main Authors: | Sulasteri, Sri, Triningsih, Elsa, Rahman, Ulfiani, Sriyanti, Andi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mathematics Department
, 2020
|
Online Access: |
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/924 http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/924/512 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent kontrol group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample t Test dan Mann Whitney Sample U Test. Hasil uji deskriptif menunjukkan besar peningkatan motivasi belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan sebesar Besar peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diberikan perlakuan sebesar Hasil uji inferensial data motivasi belajar matematika menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai peningkatan skor motivasi belajar matematika siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Selanjutnya, hasil uji inferensial data hasil belajar matematika menggunakan uji Mann Whitney Sample U Test, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai peningkatan hasil belajar matematika siswa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 13 MakassarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian reward dan punishment dengan model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Makassar.