Kemampuan Number Sense Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII pada Materi Bilangan
Main Authors: | Safitri, Anis Suraida, Mulyati, Sri, Chandra, Tjang Daniel |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mathematics Department
, 2017
|
Online Access: |
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/85 http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/85/37 |
Daftar Isi:
- Kemampuan number sense (kepekaan bilangan) dibutuhkan bagi siswa dalam proses pembelajaran matematika. Siswa dengan number sense yang baik akan mampu memanfaatkan pengetahuannya tentang bilangan dalam pemecahan masalah matematika. Oleh karena itu, tinjauan mengenai kemampuan number sense siswa perlu dilakukan untuk melihat sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan number sensenya dalam situasi masalah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense siswa kelas VII di Lembaga Bimbingan Belajar Surya Gemilang. Subjek penelitian sebanyak 3 orang, yaitu masing-masing 1 subjek dari kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan number sense digali melalui wawancara terpadu pada hasil tes kemampuan number sense siswa. Kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa semua subjek tidak memiliki kepekaan yang cukup baik mengenai hubungan antar bilangan, operasi bilangan, hubungan antar operasi bilangan, dan sifat-sifatnya sehingga semua subjek tidak fleksibel dan berfokus pada penggunaan perhitungan prosedural yang mereka terima di sekolah ketika memecahkan masalah.