Generalisasi Matematis Global dan Terbatas pada Siswa SMP
Main Author: | SURYOWATI, ENY - |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Mathematics Department
, 2017
|
Online Access: |
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/194 http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/194/83 |
Daftar Isi:
- Salah satu aktivitas yang penting dalam belajar matematika adalah melakukan generalisasi. Generalisasi matematis merupakan suatu pernyataan bahwa beberapa sifat atau aturan yang berlaku untuk suatu himpunan objek matematis atau kondisi yang lebih luas. Pada saat siswa di sekolah menengah pertama akan ada transisi belajar dari yang sebelumnya di sekolah dasar lebih banyak ke numeric menjadi ke aljabar. Bagaimana siswa melakukan generalisasi matematis pada masa transisi merupakan hal yang penting untuk diketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan generalisasi matematis global dan terbatas pada siswa sekolah menengah pertama.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan penugasan dan wawancara. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti, soal tentang generalisasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generalisasi matematis siswa sekolah menengah pertama dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu generalisasi global dan terbatas. Pada generalisasi global, siswa melakukan extending global (menemukan rumus umum) dari tugaas yang diberikan.Sedangkan generalisasi terbatas, siswa melakukan extending terbatas (menerapkan pola yang diperoleh untuk bilangan yang besar).