Tahapan Penalaran Analogi dalam Menyelesaikan Masalah Analogi Indirect

Main Authors: Kristayulita, Kristayulita, Nusantara, Toto, As’ari, Abdur Rahman, Sa’dijah, Cholis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Mathematics Department , 2020
Online Access: http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1184
http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/1184/554
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram di kota Mataram. Instrumen yang digunakan berupa masalah analogi yang terdiri atas masalah sumber tentang persamaan kuadrat dan masalah target tentang persamaan trigonometri. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa melakukan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi yang diberikan. siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect tidak hanya  menggunakan tahapan penalaran analogi yang ada. Akan tetapi, siswa melakukan tahapan sebelum melakukan tahapan penalaran analogi berdasarkan  Ruppert. Tahapan tersebut disebut dengan tahapan represetation and mathematical modeling, yang dilanjutkan dengan tahapan penalaran analogi yang telah ada. Sehingga tahapan penalaran analogi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect adalah represetation and mathematical modeling, structuring, mapping, applying, dan verifying. Artinya ada tahapan penalaran analogi yang dikembangkan dari Ruppert.  Tahapan  penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah tergantung dari masalah analogi yang diberikan.