Pengembangan Pembelajaran Literasi Berbasis Creative Thinking untuk Membekali Kemampuan Literasi Membaca Mahasiswa Calon Guru SD Menuju Masyarakat Ekonomi Asean
Main Authors: | Widiyanto, Rohmat, Nurasiah, Iis |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/88 https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/88/54 |
Daftar Isi:
- Turut sertanya Indonesia dengan masyarakat global seperti MEA, (Masyarakat Ekonomi Asean), AFTA danAPEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) akan memunculkan kekhawatiran pada bangsa, ketika SDM yang dimilikiIndonesia saat ini belum cukup mampu dan siap untuk menghadapi globalisasi maka bangsa Indonesia akan mengalamiketertinggalan, pernyataan tersebut dapat ditelisik dari beberapa survey internasional seperti Program InternationalStudent Assesment (PISA) dalam studi internasional tentang prestasi literasi membaca, mahasiswa Indonesia usia 15tahun ke atas menduduki peringkat ke 39 dari 41 negara yang disurvei. Selanjutnya ditinjau dari lembaga/universitasyang menghasilkan calon tenaga ahli juga masih sangat rendah, peringkat universitas di Indonesia yang berada dibawah universitas Singapura dan Thailand (OECD, 2013). Mahasiswa PGSD UMMI sebagai calon tenaga profesionaltidak dapat mencapai performance dan skill yang baik tanpa bimbingan yang terampil dan profesional, waktu belajaryang cukup, sumber belajar serta yang tidak kalah pentingnya adalah pola belajar dan pola pikir. Pembelajaran literasiberbasis creative thinking merupakan kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan untuk melaksanakankegiatan di kelas untuk meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan literasi dan kecakapan berpikir. Dengankemampuan literasi dan kecakapan berpikir kreatif diharapkan lulusan perguruan tinggi khususnya PGSD UMMI dapatmempersiapkan diri menyongsong masyarakat global 2015-2020.Metode Penelitian ini menerapkan model penelitian R& D (Research and Development) yang mengembangkan pembelajaran literasi berbasis learning trajectori (lintasanbelajar) dipadu kreativitas untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca, dan berpikir kreatif bagi calon guruSekolah Dasar.