Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif dan Konvensional

Main Author: Tamalene, Hanisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi , 2016
Online Access: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/291
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/291/149
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa SMP khususnya siswa SMP Negeri 2 Ambon. Pada kenyataannnya proses pembelajaran di kelas kurang meningkatkan kemampuan berpikir matematika dan bahkan cenderung tidak membangkitkan minat siswa untuk belajar matematika, maka untuk mengatasi masalah tersebut dalam penelitian ini menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ambon. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional dengan rata-rata untuk kelas eksperimen 15,37 dan kelas kontrol 11,80.