Profil Kompetensi Pedagogik Pendidik Anak Usia Dini

Main Authors: Zultiar, Indra, Siwiyanti, Leonita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi , 2019
Online Access: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/284
https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/284/142
Daftar Isi:
  • Seorang pendidik pada lembaga pendidikan anak usia harus memenuhi syarat menjadi pendidik PAUD. Syarat yang harus dikuasai adalah memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai oleh guru dan merupakan kompetensi khas yang membedakan guru dengan profesi lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan metode survey yang bersifat menjelaskan suatu fenomena yang terjadi dewasa ini pada pendidik anak usia dini. Analisa data yang digunakan adalah analisa statistik deskripstif yaitu analisa yang penyajian datanya melalui tabel, grafik, diagram lingkaran, pictogram, dan sebagainya. Hasil dari peneletian ini adalah bahwa kompetensi pedagogik pendidik anak usia dini di kota Sukabumi sudah cukup baik dari tujuh aspek yang di nilai. Dan aspek yang paling berperan adalah aspek ketiga yaitu penguasaan guru dalam pengembangan kurikulum dalam pembelajaran.