Pemberdayaan Keterampilan Guru Matematika dalam Menyusun Bahan Ajar Berbantuan Mathematics Education Software

Main Authors: Oktaviyanthi, Rina, Safaah, Eva, Noviana Agus, Ria
Other Authors: Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEK DIKTI), Republik Indonesia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Serang Raya , 2017
Online Access: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/270
http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/270/523
Daftar Isi:
  • Perkembangan ICT pada sektor pendidikan memberikan peluang baru, pengaruh baik dan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pada proses kegiatan belajar mengajar siswa termasuk pembelajaran matematika. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru sebagai pemegang sentral dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk itu mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme pedagogis guru dalam mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran merupakan upaya yang mutlak dilakukan. Fokus utama program pengabdian ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan baik secara teori maupun praktik dalam pengembangan bahan ajar matematika berbantuan Mathematics Education Software yang bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan keterampilan guru matematika khususnya pada jenjang SMP dan MTS di sekolah swasta Kecamatan Taktakan Kota Serang. Target khusus program pengabdian ini yaitu perbaikan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi pedagogik dan pengembangan profesionalisme guru matematika SMP dan MTS swasta. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah metode Apprenticeship Participatory Learning and Action. Tahap inti dalam program pengabdian ini melibatkan guru matematika SMP dan MTS swasta secara langsung sebagai peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan yaitu (1) knowledge sharing penggunaan ICT dalam proses KBM matematika, (2) sosialisasi urgensi menggunakan bahan ajar berbantuan ICT dalam pembelajaran matematika dan pengenalan Mathematics Education Software, (3) eksplorasi Mathematics Education Software dan implementasinya pada pembuatan bahan ajar, dan (4) praktik pembuatan dan penyusunan bahan ajar matematika berbantuan Mathematics Education Software. Secara umum perolehan data ditemukan bahwa kegiatan ini memberikan pengaruh baik dan respon positif dari guru-guru dalam mengembangkan bahan ajar matematika berbantuan Mathematics Education Software.