PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA N 6 METRO
Main Authors: | Setiawan, Deni Eko, Amboro, Kian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
, 2017
|
Online Access: |
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/622 https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/view/622/451 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sangat dominan untuk meningkatkan prestasi dan minat peserta didik melalui motivasi, guru selain sebagai tenaga pengajar juga sebagai motivator bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Peran guru dalam memotivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 6 Metro, adalah sebagai berikut: a. memberikan suasana senang saat awal masuk kelas, b. memberikan nasihat di sela-sela proses pembelajaran di dalam kelas, c. menata ruang kelas agar peserta didik nyaman di dalam kelas. Beberapa kendala atau kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 6 Metro, sebagai berikut: a. Saat guru memberikan motivasi ke peserta didik terkadang peserta didik sibuk berbicara dengan peserta didik yang lainnya, b. terkadang peserta didik juga mengganggu teman yang sedang fokus saat pembelajaran, c. Peserta didik tidak memperhatiakan guru saat proses pembelajaran sejarah, d. Peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda. Simpulan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru memotivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 6 Metro; guru memberikan suasana senang saat awal masuk kelas, guru memberikan nasehat di sela-sela proses pembelajaran, guru mendekor kelas agar peserta didik nyaman.