PENGARUH ARAH VARIASI PUTARAN DAN TUMBUKAN TERHADAP PERFORMA HASIL PENYEKIRAN MENGGUNAKAN MESIN SKIR KLEP

Main Authors: Nugroho, Eko, Saputra, Didik
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Metro , 2017
Online Access: https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71/58
ctrlnum --ojs.ummetro.ac.id:article-71
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PENGARUH ARAH VARIASI PUTARAN DAN TUMBUKAN TERHADAP PERFORMA HASIL PENYEKIRAN MENGGUNAKAN MESIN SKIR KLEP</title><creator>Nugroho, Eko</creator><creator>Saputra, Didik</creator><description lang="en-US">Motor bakar adalah mesin penggerak mula yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Motor bakar terbagi menjadi dua yaitu motor bakar dua langkah dan motor bakar empat langkah. Motor bakar membutuhkan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar dan menghasilkan pembakaran yang sempurna. Untuk motor bakar dua langkah kompresi dipengaruhi oleh kerapatan piston dan ring piston terhadap silinder. Berbeda dengan motor bakar dua langkah, motor bakar empat langkah membutuhkan kerapatan klep dan dudukan klep. Klep dan dudukan klep adalah alat yang bekerja dan berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan udara keruang bakar dan mengalirkan gas buang sisa pembakaran ke jalur keluar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh variasi arah putaran terhadap hasil penyekiran, mengetahui pengaruh tumbukan terhadap hasil penyekiran, mengetahui waktu yang efektif untuk hasil skir klep yang baik, mengetahui metode yang menghasilkan penyekiran klep yang baik. Jenis penelitiaan ini adalah pengujian eksperimental metode penyekiran dengan variasi saru arah putaran dengan tumbukan, satu arah putaran tanpa tumbukan, putaran bolak-balik dngan tumbukan dan putaran bolak-balik tanpa tumbukan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan melakukan penyekiran dengan empat metode yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa metode penyekiran terbaik adalah metode satu arah putaran tanpa tumbukan. dari hasil pengujian didapatkan waktu kebocoran terbaik mencapai 7,2 menit, dengan waktu penyekiran 15 menit dan memiliki tekanan sisa terbaik yaitu 23,2 psi.</description><publisher lang="en-US">Universitas Muhammadiyah Metro</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2017-09-12</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71</identifier><identifier>10.24127/trb.v4i2.71</identifier><source lang="en-US">Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin; Vol 4, No 2 (2015): Desember 2015</source><source lang="id-ID">TURBO [Tulisan Riset Berbasis Online]; Vol 4, No 2 (2015): Desember 2015</source><source>2477-250X</source><source>2301-6663</source><language>eng</language><relation>https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71/58</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2016 TURBO [Jurnal Teknik Mesin]</rights><recordID>--ojs.ummetro.ac.id:article-71</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Nugroho, Eko
Saputra, Didik
title PENGARUH ARAH VARIASI PUTARAN DAN TUMBUKAN TERHADAP PERFORMA HASIL PENYEKIRAN MENGGUNAKAN MESIN SKIR KLEP
publisher Universitas Muhammadiyah Metro
publishDate 2017
url https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/turbo/article/view/71/58
contents Motor bakar adalah mesin penggerak mula yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Motor bakar terbagi menjadi dua yaitu motor bakar dua langkah dan motor bakar empat langkah. Motor bakar membutuhkan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar dan menghasilkan pembakaran yang sempurna. Untuk motor bakar dua langkah kompresi dipengaruhi oleh kerapatan piston dan ring piston terhadap silinder. Berbeda dengan motor bakar dua langkah, motor bakar empat langkah membutuhkan kerapatan klep dan dudukan klep. Klep dan dudukan klep adalah alat yang bekerja dan berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dan udara keruang bakar dan mengalirkan gas buang sisa pembakaran ke jalur keluar. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui pengaruh variasi arah putaran terhadap hasil penyekiran, mengetahui pengaruh tumbukan terhadap hasil penyekiran, mengetahui waktu yang efektif untuk hasil skir klep yang baik, mengetahui metode yang menghasilkan penyekiran klep yang baik. Jenis penelitiaan ini adalah pengujian eksperimental metode penyekiran dengan variasi saru arah putaran dengan tumbukan, satu arah putaran tanpa tumbukan, putaran bolak-balik dngan tumbukan dan putaran bolak-balik tanpa tumbukan. Berdasarkan hasil penelitian, dengan melakukan penyekiran dengan empat metode yang berbeda. Dapat disimpulkan bahwa metode penyekiran terbaik adalah metode satu arah putaran tanpa tumbukan. dari hasil pengujian didapatkan waktu kebocoran terbaik mencapai 7,2 menit, dengan waktu penyekiran 15 menit dan memiliki tekanan sisa terbaik yaitu 23,2 psi.
id IOS5024.--ojs.ummetro.ac.id:article-71
institution Universitas Muhammadiyah Metro
institution_id 164
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Metro
library_id 547
collection Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin
repository_id 5024
subject_area Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
repoId IOS5024
first_indexed 2017-12-25T03:00:17Z
last_indexed 2018-08-01T23:30:08Z
recordtype dc
_version_ 1686302197152743424
score 17.538404